Loading...

Tips Menulis Artikel Untuk Blogger Pemula


Tips Menulis Artikel Untuk Blogger Pemula_. Ada ratusan atau mungkin ribuan panduan menulis di blog baik lewat media sosial, website, ebook dan buku.

Berikut ini tips menulis yang saya ambil dari salah satu buku yang mempunyai nama di negara eropa. Mungkin ada beberapa orang di indonesia juga mengetahui bukunya. Buku tersebut dalam bahasa inggris jadi saya sudah terjemahkan kurang lebih pesannya seperti di bawah ini.

Harus Menjadi Pembaca
Dari kebiasaan membaca sobat bisa menjadi penulis yang hebat. Kenapa?
Karena sobat mengetahui bagaimana tulisan yang di sukai untuk pengunjung sekaligus bisa belajar dari penulis artikel yang dibaca.

Atur Pikiran/ Fokus
Sobat tidak memerlukan garis besar yang terperinci untuk kebanyakan tulisan. Tapi perlu tahu apa yang ingin dikatakan sebelum mengatakannya. Jika merasa nyaman dengan jenis garis besar yang sobat pelajari di sekolah, gunakanlah. Jika tidak, cukup tekankan poin penting yang ingin sobat buat dan atur sesuai urutan yang di inginkan. Hilangkan ide yang tidak terkait langsung dengan poin ini.

Gunakan Paragraf Pendek 
Lihatlah koran dan perhatikan berapa pendek paragrafnya. Itu dilakukan untuk mempermudah membaca karena otak kita mendapat informasi lebih baik saat gagasan dipecah menjadi potongan kecil. Dalam tulisan biasa, setiap paragraf mengembangkan satu gagasan dan mencakup banyak kalimat. Tapi dalam blogging, gayanya kurang formal dan paragrafnya bisa sesingkat satu kalimat atau pun satu kata.

Gunakan Kalimat Pendek 
Sobat harus menjaga agar kalimat singkat karena alasan yang sama dengan paragraf singkat yaitu mudah dibaca dan dimengerti. Setiap kalimat harus memiliki satu pemikiran sederhana. Lebih dari itu menciptakan kompleksitas dan mengundang minat atau penasarannya pengunjung blog untuk membaca artikel sobat.

Gunakan Kata-Kata Sederhana 
Karena tujuan sobat adalah untuk berkomunikasi dan tidak terkesan, kata-kata sederhana bekerja lebih baik daripada yang besar. Tuliskan "dapatkan" alih-alih "pengadaan." Tulis "gunakan" dan bukan "memanfaatkan." Gunakan kata-kata yang lebih panjang hanya jika maknanya sangat tepat sehingga tidak ada kata yang lebih sederhana untuk digunakan.
Jadilah spesifik . Jangan menulis "Banyak dokter merekomendasikan Brand X." Tuliskan "97% dokter merekomendasikan Brand X." Jangan menulis "Widget Besar ditawarkan dalam berbagai warna." Tulis "Widget Besar hadir dengan warna merah, hijau, biru. , dan putih. "to the point. Katakan langsung apa yang menjadi maksud tulisan sobat.

Tulislah Dengan Gaya Percakapan 
Ada tanda jalan yang sering dipasang di dekat lokasi konstruksi yang selalu mengganggu saya. Bunyinya, "Pertahankan jalur sekarang." Mengapa begitu formal? Gaya yang lebih percakapan akan lebih baik: "Tetaplah di jalur Anda" atau "Jangan ubah jalur." Jika sobat menulis seolah-olah mengenakan top hat dan spat, sobat menjauhkan diri dari pembaca dan mengacaukan pesan.

Isi Artikel Jelas
Ini mungkin aturan yang paling penting dari semuanya. Tanpa kejelasan, tulisan sobat di anggap gagal. Untuk mencapai kejelasan, sobat harus membuat tulisan memberikan pesan atau mempunyai makna bagi pembaca. Itu memang sulit itulah tugas penulis blog dan lihatlah tulisan sobat dengan mata obyektif. Pertimbangkan apa yang mungkin salah paham dan tulis ulang. Temukan apa yang tidak relevan dan hapus. Perhatikan apa yang hilang dan masukkan lagi.

Tulisan yang kurang bagus atau tidak di sukai pembaca terjadi karena mungkin sobat tidak mempunyai sesuatu untuk dikatakan, terlalu khawatir dengan gaya menulis, atau keduanya. Ikuti beberapa saran ini, sobat akan terhindar dari masalah tersebut dan akan membuat tulisan yang lebih bagus atau lebih berarti bagi pembaca sehingga dengan sendirinya mereka akan menjadi pengunjung setia blog sobat.

Demikianlah beberapa tips menulis yang di kutip dari salah satu buku yang top di negara eropa. Pasti sobat bertanya, Kenapa tidak tulis judul bukunya? Menurut saya tidak penting judulnya yang dibutuhkan isi dari bukunya. Benar ngk? hehe
Semoga dengan membaca tips ini sobat bisa lebih mantap membuat artikel yang berkualitas.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Menulis Artikel Untuk Blogger Pemula"