Loading...

Pemerintah Belum Terbitkan Pengumuman Resmi Rekrutmen CPNS Tahun Anggaran 2018


Menjadi pengabdi negara masih menjadi pekerjaan idaman bagi sebagian besar masyarakat indonesia. Pasalnya, di samping gaji dan tunjangan yang menjajikan pegawai negeri sipil juga mendapatkan beberapa fasilitas dan uang pensiunan bagi yang sudah memenuhi masa kerjanya.

Tak heran jika ada isu atau informasi yang beredar tentang penerimaan CPNS, masyarakat langsung mencari informasi yang resmi atau dapat di percaya mengenai kabar tersebut, tapi bukan sedikit juga yang kena tipu dengan informasi tersebut.

Menanggapi informasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2018 yang marak beredar lewat media sosial, melalui siaran pers resmi menyampaikan bahwa pemerintah belum mengeluarkan pengumuman penerimaan CPNS secara resmi. Masyarakat diminta untuk selektif dalam menerima informasi dan silakan lihat pengumuman resmi hanya melalui situs bkn.go.id dan menpan.go.id

Secara normatif setiap instansi pusat dan daerah memang wajib menyusun kebutuhan jumlah dan jenis jabatan PNS sesuai prioritas kebutuhan instansinya masing-masing. Hal itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS Pasal 5 ayat (1) dan (2) dan hasil perhitungan kebutuhan diserahkan pada Menteri PANRB dan Kepala BKN.

Dengan sistem merit, jumlah kebutuhan PNS dihitung dari berbagai variabel termasuk alokasi APBN/D untuk belanja pegawai. Pemerintah Provinsi/Kab/Kota dengan belanja pegawai melebihi 50% dari APBD tentu akan sulit mendapatkan tambahan pegawai baru. Formasi CPNS Tahun Anggaran 2018 dihitung dan disusun berdasarkan kebutuhan pada bidang-bidang yang mendukung Nawacita.

Sementara itu BKN telah mengevaluasi pelaksanaan seleksi CPNS 2017 dan berkomitmen untuk melakukan sejumlah perbaikan diantaranya:

  1. Perbaikan SOP pelaksanaan SKD dengan ComputerAssisted Test (CAT) termasuk peningkatan kualitas perangkat lunak sistem CAT BKN.
  2. Ekstensi fikasilokasi SKD CAT BKN dengan penambahan 5 (lima) UPT BKN yakni Ambon, Pontianak, Bengkulu, Sorong, dan Palu.
  3. Upgrading kapasitas website Sistem Seleksi CPNS Nasional sscn.bkn.go.id
  4. Menjajaki kerjasama dengan pemerintah daerah dan pihak lain jika jumlah peserta SKD melebihi kapasitas yang dapat dikelola BKN Pusat, KantorRegional (Kanreg), dan UPT BKN
  5. Penyebarluasan informasi dan interaksi publik melalui berbagai kanal, web, mediasosial (FB, TW, IG, youtube), Email, HelpDesk, dll.


BKN mengimbau agar masyarakat tidak percaya jika ada pihak/okum manapun yang menyatakan dapat membantu kelulusan dalam seleksi CPNS.
Jakarta, 10 Januari 2018 Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan

Kesimpulannya, kemungkinan besar ada penerimaan cpns untuk tahun 2018 tapi tinggal menunggu formasi apa yang di rekrut dan kapan dibuka untuk pendaftaran cpns.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Pemerintah Belum Terbitkan Pengumuman Resmi Rekrutmen CPNS Tahun Anggaran 2018"