Loading...

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog


Cara Mendapatkan Uang Dari Blog_ Setelah membaca artikel 10 Panduan Penting Dalam Membuat Blog dan sudah memiliki banyak pengunjung, sobat siap untuk memonetisasi blog untuk menghasilkan pundi-pundi dollar.

Mungkin sobat pernah melihat atau mendengar tentang orang-orang yang menghasilkan uang dari blog mereka. Beberapa orang bahkan tidak takut untuk menunjukkannya kepada pembacanya.
Berikut ini adalah contoh nyata dapat yang menghasilkan uang di blog mereka :

BLOG INDONESIA :

www.maxmanroe.com 

  • Author : Marikson Manurung
  • Pendapatan : 50 juta / bulan

 BLOG LUAR :

www.smartpassiveincome.com

  • Author : Benedict Carey 
  • Pendapatan : $80.000 / bulan
Sebenarnya masih banyak lagi blog yang sukses dan menghasilkan uang, tapi pada postingan ini saya hanya memberikan 2 contoh saja. Hanya intinya  saja  dengan blog sobat bisa menghasilkan uang yang banyak.

Pasti sobat yang baru mengenal blog berpikir dan bertanya-tanya :
  • Bagaimana bisa ?
  • Wow..Keren ya..!
  •  Saya bisa ngk ?
  •  Caranya bagaimana ?
  • Bagaimana saya bisa seperti dengan mereka ?
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kembali lagi sobat membaca 10 Panduan Penting Dalam Membuat Blog, sehingga pengunjung blog sobat makin banyak. Karena semakin banyak pengunjung maka semakin besar pula kemungkinan mendapatkan uang dari blog.

Berikut ini saya share 6 cara untuk menghasilkan uang melalui blog yang sudah banyak pengunjungnya :

1. Afiliasi
Pemasaran afiliasi adalah jenis pemasaran berbasis kinerja. Sebagai blogger, sobat menyertakan link ke produk atau layanan yang ditawarkan melalui program afiliasi bisnis lain. Jika salah satu pengunjung blog mengklik link tersebut dan membeli barang atau jasa, sobat akan mendapat bayaran sekian persen dari harga barang tersebut.

Jika sobat memilih untuk mengikuti program afiliasi, selalu ada baiknya:
  • Hanya promosikan produk yang relevan dengan niche sobat.
  • Hanya promosikan produk yang telah sobat gunakan dan rekomendasikan secara pribadi.
  • Sertakan sitemap di blog agar tidak menyesatkan pembaca.

Jadi bagaimana sobat terlibat dalam pemasaran afiliasi? Sobat bisa memulai dengan mengikuti program populer seperti:
  • Amazon Associates
  • ClickBank
  • LinkShare

Tapi tidak harus tetap menggunakan program nama besar. Bisnis lain juga dapat membuat program mereka sendiri untuk satu produk atau sekelompok kecil produk, dan sobat bisa menjadi salah satu afiliasi mereka. Misalnya, sesama blogger mungkin menawarkan program afiliasi untuk eBook atau eCourses di niche, yang akan menjadi kesempatan besar bagi sobat karena ini sangat relevan bagi pembaca.


2. Google Adsense
Beberapa orang membuat blog yang di-host sendiri hanya untuk iklan dan Google AdSense adalah salah satu jaringan iklan terpopuler. Sederhananya, sobat menghasilkan uang dengan menampilkan iklan di blog. Ada dua cara untuk mulai mendapatkan uang dari Google AdSense :

  • Berdasarkan tayangan : 

Ini bergantung pada tampilan halaman. Misalnya, untuk setiap 1.000 tampilan halaman yang dapatkan, sobat memperoleh jumlah dolar yang ditetapkan.


  • Berdasarkan klik : 
Terlepas dari tampilan halaman, jika pengunjung mengklik iklan dari blog, sobat akan memperoleh sekian persen pendapatan dari iklan tersebut. Ini bisa berkisar dari $ 0,01 sampai beberapa dolar tergantung pada iklan.


Berapa banyak yang sobat dapatkan dengan AdSense? Nah, itu semua tergantung pada lalu lintas dan berapa banyak orang yang mau mengklik iklan sobat. (Ingat bahwa sobat tidak boleh mengklik iklan sendiri karena Google bisa banned akun adsense tersebut.)

3. Kursus / Layanan
Jika sudah banyak pengunjung diblog sobat, mengapa tidak menciptakan kesempatan belajar eksklusif dengan membangun kursus online berbayar? Cara yang umum untuk kursus ini adalah dengan menyiapkan kursus 8 minggu melalui pesan email otomatis atau merilis paket lengkap sekaligus, sehingga siswa dapat bekerja sesuai langkah mereka sendiri. Hanya beberapa contoh kursus online meliputi:
  • Masterclass Bisnis Pemirsa (dari Firepole Marketing)
  • Menulis Artikel Masterclass (oleh Carol Tice dan Linda Formichelli)
  • Pelatihan Media Sosial Bagi Yang Serius Bisnis (dari Motif Pasar)

Seperti kursus, sobat juga bisa menawarkan layanan. Misalnya, banyak blogger juga penulis lepas, dan mereka dibayar untuk menulis konten blog untuk orang lain. Layanan umum lainnya termasuk ceramah dan pembinaan pribadi. Bergantung pada niche, bisa juga lebih spesifik. Seorang blogger pernikahan, misalnya, mungkin menawarkan layanan perencanaan pernikahan.

4. Konsultasi
Konsultasi adalah cara lain yang populer untuk menghasilkan uang melalui lalu lintas blog sobat. Dengan layanan ini, sobat mengenakan biaya untuk memberi umpan balik kepada pembaca. Misalnya, katakan blog tentang media sosial. Anda bisa mengenakan biaya Rp. 500.000 untuk sesi Skype satu jam di mana mendiskusikan strategi media sosial klien sobat. Seiring dengan panggilan Skype, Anda bisa mengirimkan laporan tertulis lengkap melalui email tentang cara memperbaiki strategi itu.

5. Jasa Iklan
Jika blog menghasilkan jumlah lalu lintas yang layak, sobat mungkin didekati oleh bisnis yang ingin mensponsori blog sobat. Biasanya ada dua permintaan yang sobat dapatkan dalam kasus ini:

  • Ulasan berbayar atau pos sponsor
  • Iklan banner

Ulasan berbayar adalah saat bisnis mengirimkan produk mereka dan membayar sobat untuk menulis ulasan tentang hal itu, namun tidak diwajibkan untuk menulis ulasan positif. Sebagai alternatif, beberapa bisnis akan mensponsori pos tertentu dengan imbalan tautan kembali ke situs mereka. Ini adalah praktik etis untuk mengungkapkan sponsor kepada pembaca sobat.

Iklan banner adalah iklan yang akan sobat tempatkan dalam gaya "banner", biasanya di sidebar. Bisnis yang mensponsori iklan tersebut akan membayar setiap bulan.

6. Jual Ebook
Menulis eBook adalah cara yang sangat populer untuk mulai menjual produk unik di blog sobat, dan ini sangat ideal untuk niche apa pun. Dengan begitu banyak kesempatan menerbitkan sendiri, juga mudah untuk menerbitkan buku sobat dan siap menjualnya dengan pengecer besar seperti Amazon atau langsung di blog sobat.

Sudah siap untuk memulai menghasilkan uang dari blog ?
Semoga artikel ini bisa membantu sobat yang mau berusaha atau sedang berusaha (seperti saya) untuk mendapatkan uang lewat blog.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mendapatkan Uang Dari Blog"